Search This Blog

Saturday, 22 September 2018

Mengelola Keberagaman dan Pengambilan Keputusan


Mengelola Keberagaman dan Pengambilan Keputusan 



Mengelola Keberagaman

Apakah keberagaman tenaga kerja itu ?
Keberagaman tenaga kerja adalah cara – cara bagaimana orang – orang dalam sebuah organisasi saling berbeda dan mirip satu sama lain.

Jenis keragaman di tempat kerja, antara lain :


      Usia
      Gender
      Ras dan etnisitas
      Disabilitas atau abilitas
      Agama
      Jenis – jenis keberagaman lainnya
 

Pengambilan Keputusan


Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final. Keputusan dibuat untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan atau tindakan.

Manajer pada semua tingkatan dan semua area di organisasi pasti akan mengambil keputusan, artinya mereka membuat suatu pilihan dengan melakukan pertimbangan, karena seorang manajer memainkan peran yang penting dalam apa yang harus dilakukan perusahaan atau yang dapat dilakukannya.

Proses Pengambilan Keputusan

1. Mengidentifikasi Suatu masalah
2. Mengidentifikasi Kriteria Keputusan
3. Mengalokasikan Bobot pada Kriteria
4. Mengembangkan Alternatif
5. Menganalisis Alternatif
6. Memilih Sebuah Alternatif
7. Mengimplementasikan Alternatif
8. Mengevaluasi Efektivitas Keputusan

Pengambilan Keputusan

1. Rasionalitas
Kita mengasumsikan bahwa manajer akan menggunakan pengambilan keputusan rasionalitas bahwa mereka akan membuat pilihan yang logis dan konsisten untuk memaksimalkan nilai. Jadi manajer mempunyai semua jenis sarana dan teknik unutuk membantunya menjadi pembuat keputusan yang rasional.
2. Rosionalitas Terikat
Rasionalitas terkait adalah pengambilan keputusan yang rasional, tetapi terbatas (terikat) oleh kemapuan individu untuk memproses informasi.
3. Peranan Intuitif
Pengambilan keputusan intuitif adalah pengambilan keputusan yang didasarkan pada pengalaman, perasaan, dan akumulasi pertimbangan.
4. Peran Manajemen Berdasarkan Bukti
Manajemen berdasarkan bukti adalah penggunaan sistematis dari bukti terbaik yang tersedia untuk meningkatkan praktik-praktik manajemen.

Jenis Keputusan dan Kondisi Pengambilan Keputusan

  Jenis Keputusan
1. Masalah yang terstruktur dan keputusan yang terprogram
2. Masalah yang terstruktur dan keputusan tak terprogram

  Kondisi Pengambilan Keputusan
1. Kepastian
2. Risiko
3. Ketidakpastian

Gaya Pengambilan Keputusan

1. Profil Gaya Berpikir Linier-Nonlinier
2. Bias dan Kesalahan Pengambilan Keputusan
3. Tinjauan Pengambilan Keputusan Manajerial

 

No comments:

Post a Comment

close